Jumat, 15 Mei 2015

Փոքրիկ Տիկիններ-LW Versi Bahasa Armenian


Salah satu cara memperbanyak koleksi LW saya adalah dengan sering mengunjungi situs penjualan buku secara online. Terutama untuk LW yang diterbitkan dengan bahasa yang kurang lazim dipergunakan, artinya bukan bahasa Perancis, Jerman, Inggris, bahkan Spanyol.
Di ebay, tepatnya di link 
http://www.ebay.com/itm/Little-Women-Louisa-May-Alcott-Armenian-hardcover-/141640850468?pt=LH_DefaultDomain_0&hash=item20fa73dc24

Binding: hardcover
SKU: BC0295
ISBN: 9789939680651
Subject: Fairy Tales & Myths
Special Attributes:  Illustrated
Age Level: Young Adults
Pages: 48
Language: Eastern Armenian
Printing: color
Size: 17.5 x 23 cm
Publisher: Zangak
Year: 2013
 
Meet the March sisters – Meg, Jo, Beth and Amy. Life is difficult at home: their father is away at war and their mother struggles to make ends meet. But whether through laughter or tears, these four girls overcome their troubles while growing up to become little women.

Ահա Մարչ քույրերը՝ Մեգը, Ջոն, Բեթը և Էյմին: Աղջիկները հեշտ չեն ապրում: Հայրը բանակում է: Մայրն օրնիբուն տքնում է ծայրը ծայրին հասցնելու համար: Բայց ծիծաղով թե արցունքով չորս քույրերը միասին հաղթահարում են ամեն խոչընդոտ և նեղություն

Alat  penerjemah mengartikannya sebagai berikut: Aha March’ k’uyrery՝ Megy, Jon, Bet’y yev Eymin: Aghjiknery hesht ch’yen aprum: Hayry banakum e: Mayrn ornibun tk’num e tsayry tsayrin hasts’nelu hamar: Bayts’ tsitsaghov t’ye arts’unk’ov ch’vors k’uyrery miasin haght’aharum yen amen khoch’yndot yev neghut’yun.

Harga yang diminta juga masih masuk dengan anggaran saya, US $ 21.99 atau setara dengan nominal Rp 285.584,42. Dan yang terpenting bisa dikirim ke tanah air dan bebas ongkos kirim ke seluruh penjuru dunia. Kebayang khan kalau harus bayar ongkos kirim

Setelah  beberapa saat menunggu akhirnya paket ini datang juga. Padahal saya sudah was-was karena mendapat info dari salah seorang sahabat bahwa pengiriman dari negara yang tidak cukup dikenal sering bermasalah ketika masuk ke tanah air. Cuman bisa pasrah, resiko sudahs aya ambil demi melengkapi koleksi. Ternyata buku ini datang hanya dalam waktu hitungan minggu. Alhamdullilah.

Dua hal yang membuat saya terpesona selain urusan buku.  Pertama ternyata buku ini dikirim dalam amplop putih yang dilapisi sejenis plastik agar tidak tembus air dengan mempergunakan perangko. Sehingga tidak perlu berurusan dengan  pajak dan sejenisnya. Lumayan juga nambah koleksi perangko.

Kedua buku yang saya pesan dimasukan lagi dalam plastik kuning yang bertuliskan huruf dan mempergunakan bahasa Armenian. Sekali lagi jangan tanya apa yang tertulis di sana. Saya sudah cukup puas dengan menikmati huruf yang meliuk-liuk dengan unik. Tapi sekilas saya bisa mengambil kesimpulan ini merupakan tas plastik yang dipergunakan jika berbelanja di toko yang menjual LW yang saya beli (sok tahu dikit). Sebab di bagian bawah terdapat sederetan angka yang menyerupai nomer telepon serta alamat. Mirip dengan nama dan alamat pengirim buku ini.


Kover depan buku ini dicetak dengan gambar timbul pada bagian pohon dan salah satu gadis March yang berada di dekatnya. Sepertinya Meg jika melihat wajah dan gayanya yang dibuat berkesan dewasa.

Sementara itu di kover belakang diberikan gambar piano seperti yang diterima oleh salah satu gadis March, hayu siapa coba? Terdapat juga  semacam sinopsis, ISBN dan tercantum juga web penerbit www.zangak.am

Begitu membuka halaman buku ini, saya cuman bisa terseyum-senyum bahagia. Ilustrasi penuh warna membuat buku ini menjadi semakin berharga.

Tiap sisi kanan sepertinya diperuntukan bagi ilustrasi yang memenuhi satu halaman lebarnya. Dengan demikian ada lebih dari 10 halaman full ilustrasi berwarna. 

Sementara sisi lainnya meski berisi uraian kalimat namun juga terdapat beberapa ilustrasi warna meski hanya sebagai pemanis semata. Khusus untuk nomer halaman hanya berada di satu sisi, bersama dengan uraian kalimat yang dicetak, dibuat dengan warna menarik.

Dalam koleksi saya, versi bahasa ini berada dalam box no 28.

---------------------
Penasaran dengan negera dimana LW ini terbit, saya mencoba bertanya pada mbah Google.

Republik Armenia atau dikenal sebagai Armenia saja (Tulisan asli dalam bahasa Armenia: Հայաստան, Hayastan, Հայք, Hayq), adalah negara Eropa-Asia yang wilayah daratnya terjepit oleh negara lain. Negara ini berbatasan dengan Turki di sebelah barat, Georgia di sebelah utara, Azerbaijan disebelah timur, dan Iran serta eksklave Nakhichevan (yang masih daerah Azerbaijan atau eksklave) disebelah selatan.


Eastern Armenian atau Armenia Timur merupakan salah satu dari dua  bahasa yang dipergunakan di Armenia. Saya sempat mengintip http://wikitravel.org/en/Armenian_%28Eastern%29_phrasebook yang berisi tentang Armenian (Eastern) phrasebook.  Ampun dehh rumit juga yaa

Contohnya dalam situs tersebut,
Ա/ա ayb 
        like father
Ու/ու oo
like soon
Hello. 
       Բարև ձեզ (bah-REV DZEZ)


Help! 
       Օգնությու՛ն (oq-noo-TYOON!)

Rumit juga khan. 
Penasaran, kembali memanfaatkan situs penerjah bahasa, maka judul kisah ini Փոքրիկ Տիկիններ dibaca menjadi  P’vok’rik Tikinner yang berarti wanita kecil. Tidak terlalu berbeda jauh dengan judul aslinya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar