Jumat, 15 Mei 2015

LW Versi Cergam di Tanah Air ( Bagian II )


Setelah sebelumnya kita membicarakan tentang 3 buku  LW Versi Cergam yang beredar di tanah air, sekarang yuk kita lanjutkan.


4. Versi Komik Klasik Modern! 
Kisah dalam buku ini sudah mengalami adaptasi. Data yang tercantum dalam buku adalah sebagai berikut:
Original Written: Louisa May Alcott
Written: Nam, Choon-Ja
Alih bahasa: Morin TanangISBN: 9789792784909
EAN: 9789792784909 
Halaman: 208
Terbit : September 2010           
Penerbit: Elex Media Komputindo

Dibandingkan dengan buku yang lain, buku ini sungguh luar biasa! Luar biasa kacaunya! Jika para gadis March digambarkan sebagai sosok yang anggun bahkan Jo sekalipun, dalam buku ini terlihat betapa serampangannya kelakuan para gadis March.

Bahkan sang bibi yang terkenal dengan ketat menjaga tata krama digambarkan bicara seenaknya dan melakukan beberapa hal yang tidak mungkin dilakukan oleh seorang perempuan terhormat.

Saya hanya membaca beberapa lembar lalu menutup buku ini. Tidak layak dibaca oleh anak-anak menurut saya. Mungkinkah karena buku ini merupakan adaptasi dimana mungkin saja beberapa unsur yang ada dalam kisah awal diganti dan disesuaikan dalam versi ini.


5. Serial Cerita Dunia 2: Young Girls
Semula saya agak bingung tulisan angka 2 yang ada di kover. Ternyata maksudnya ini adalah buku kedua dari lima buku yang ada dalam Serial Cerita Dunia. Kisah lainnya adalah Little Prince, Heidi,  Georgia Abbot serta Secret Garden.

Buku ini terbit pada tahun 1993 dengan halaman sebanyak 185, ISBN: 9795373218 terbitan PT Elex Media Komputindo. Aslinya buku ini diberi judul Wakakusa Monogatari, tertulis penulisnya adalah Olcott/Yoko Kitajima (sebagai ilustrasi) dengan alih bahasa oleh Isao Arief. Aduh lagi-lagi saya tertawa karena urusan adaptasi, Alcott menjadi Olcott.

Di bawah kover juga tertulis sederet angka, 15093119 sepertinya ini kode bagi penerbit. Semacam kode produksi mungkin.

Gambar hitam putih yang ada dibuat dengan versi manga. Menarik. Bahkan Jo yang biasanya digambarkan tomboi terlebih lebih feminim dalam buku ini.
Pada bagian depan kulit buku tertulis sinopsis tentang kisah dalam buku ini, " Kisah ini menceritakan tentang empat orang gadis remaja bersaudara yang hidup ceria tanpa menghiraukan kemiskinan mereka, dan menggambarkan kasih sayang antara saudara, kasih sayang antara anak dan orang tua, serta kasih sayang antar sesama manusia..."

Sementara sisi lainnya berisi informasi mengenai riwayat pengarang serta judul lain dalam seri ini. Di kover belakang yang saya miliki masih tertempel lebel harga buku ini saat itu Rp 3.000,-

6.Story of The World 5
Dari seluruh buku LW yang terbit di tanah air, hanya buku ini yang belum saya miliki. Sejak tahun lalu saya sudah mencari tapi belum juga berjodoh. 


Cari mencarinya? Mulai dari menitipkan data buku ini plus nomer telpon ke pedagang buku seken yang saya temui di mana pun. Bertanya pada pedagang ol hingga menawarkan membeli dengan harga tinggi bagi siapa saja yang bisa menemukan untuk saya.

Salah satu penjual buku ol memuat tentang buku ini dalam situsnya, tapi begitu saya ingin membelinya ternyata yang tertulis persediaan buku ini sudah tidak ada alias buku ini sudah laku dijual.

Dengan ISBN 9792024689 buku yang  terbit pada tahun 1987 ini memiliki halaman sebanyak 114.  Berat Buku adalah 95.00 gram cukup ringan bukan.

Jika ada yang punya dan ingin dilepas jangan lupa kabari saya yaa. Email saja ke uyi_adi@yahoo.co.id ^_^








Tidak ada komentar:

Posting Komentar