Sabtu, 16 Mei 2015

Mewarnai bersama LW


Mengajak anak membaca bukanlah hal mudah. Pengalaman saya pribadi, jagoan tidak suka membaca padahal saya maniak buku.  Saat kecil  ia sudah saya perkenalkan dengan buku. Memang ia suka ikut ke toko buku membeli buku-buku cerita. Beranjak besar kesukaannya ke toko buku berubah menjadi membeli alat tulis sekolah, Sekarang sama sekali ia tdak berminat ke toko buku. Kecuali ada sesuatu yang khusus sehingga ia harus pergi ke toko buku.

Hal tersebut mungkin tidak saja dialami oleh saya. Banyak orang tua yang gila baca tapi tidak memiliki anak yang punya hobi sama. Bahkan kadang justru ada anak yang gila membaca tapi orang tuanya bukan seorang yang hobi membaca.

Salah satu cara untuk membuat anak menyukai membaca selain memperkenalkan membaca sejak dini adalah melalui mewarnai. Di bawah gambar yang diwarnai dicantumkan kisah yang ada dalam buku itu sehingga anak tergugah rasa ingin tahu mengenai apa bacaan tulian tersebut. Orang tua bisa membacakan terlebih dahulu, selanjutnya mengajak anak membaca bersama.

Mewarnai menurut KBBI adalah, mewarnai/me·war·nai/ v 1 memberi berwarna; mengecat dsb; 2 menandai (dng warna tertentu); 3 mempengaruhi

Kegiatan mewarnai sudah bisa dikenalkan sejak dini, pada usia anak sekitar 3-5 tahun.

Para ahli perkembangan anak setuju bahwa banyak manfaat mewarnai gambar bagi balita untuk perkembangannya. Dalam http://vistabunda.com disebutkan beberapa manfaat mewarnai bagi anak balita, yaitu:
1. Membantu Balita Mengenal Warna 
2. Melatih Konsentrasi 
3. Melatih Koordinasi Mata dan Tangan 
4. Melatih Keterampilan Motorik Halus 
5. Melatih Kreativitas

Mewarnai juga bisa dipergunakan untuk memperkenalkan kisah klasik pada anak-anak. Demikian juga dengan LW. Beberapa buku mewarnai dengan tema LW dibuat untuk memperkenalkan kisah tersebut pada anak-anak. Buku-buku mewarnai tersebut bisa ditemui dengan mudah. Bahkan ada juga yang mempergunakan bahasa Indonesia, dan harganya relatif terjangkau.

1. Membaca Sambil Mewarnai  Wanita Kecil
Kode Buku: 420341
Author: Team Hobby Book Publishing
Publisher: Hobby Book
Halaman: 96
Dimensi: 21.5 X 28 cm
Berat: 0.24 kg
Tahun: 2009

Kebahagiaan dan kesedihan adalah pengalaman yang dialami empat gadis ceria,  yang menghadapi setiap tantangan dengan harapan akan masa depan.
Ikatan yang ada di antara March bersaudara hanya akan bertambah kuat jika mereka telah mendapat hikmah dari pengalaman hidup yang berat.
Buku Membaca sambil Mewarnai, Wanita Kecil ini menceritakan tentang kisah mereka kepada anak-anak dan disertai dengan gambar-gambar menarik untuk diwarnai.

Meski penekanan pada membaca,namun porsi mewarnai juga mendapat bagian yang tidak kalah banyak. Anak-anak bisa mewarnai dengan leluasa sementara orang tua bisa membacakan kisah yang ada. Sebuah kegiatan yang tidak saja mengasah keterampilan anak, memperkenalkan kisah klasik tapi juga mempererat hubungan bathin antara anak dan orang tua.


2. Children Classic Book: Little Women
Kode Buku: 420329
Author: Team Hobby Book Publishing
Publisher: Hobby Book
Halaman: 96
Dimensi: 21.5 X 28 cm
Berat: 0.24 kg
Tahun: 2009

Joy and sorrow are the everyday experiences of four fun-loving girls, who meet every challenge with hope for the future. The bond between the march sisters only gets stronger as they learn some tough lessons. This Children Classic Book, Little Women tells their story for young readers and is illustrated with engaging scenes to color. 

Buku pertama dan kedua saya beli seharga Rp 25.000 di Toko Buku Kharisma, Buku pertama sepertinya versi terjemahan dari buku kedua. 

Keduanya menekankan pada unsur mewarnai. Nyaris seluruh halaman berisi gambar, hanya sekitar 1/4 bagian berisi tulisan. Kisah yang ada tentunya merupakan singkatan dari kisah asli. Meski demikian, pesan moral  disampaikan dengan tepat sasaran dan sesuai dengan target pembaca buku ini.

Wajah para tokoh disesuaikan menjadi versi ABG. Bisa dipahami, tentunya anak-anak lebih nyaman ketika menemukan wajah muda serta ceria versi abad 21. Mereka lebih mengenal wajah dengan gaya animasi dari pada sketsa serius wajah orang.

3. Little Women Coloring Book
Author: Louisa May Alcott, Barbara Steadman
Format: Paperback
Vendor: Dover Publications
Publication Date: 1/7/1998
ISBN-13: 9780486299433
Pages: 48
Dimensions: 203mm x 272mm x 5mm 
Weight: 181g

Twenty memorable scenes from the popular classic depict Christmas morning in the March household, Amy's close encounter with disaster on the ice, Meg's lovely summer wedding, and much more — all accompanied by a specially abridged version of the original text. Delightful entertainment for first-time readers and colorists of all ages.

Buku ini saya temukan melalui toko buku ol lokal. Periplus seharga Rp 63.000 plus ongkos kirim. Semula saya agak ragu  membelinya tapi karena ada keterangan limited stock, segera saya berubah pikiran.

Mengenai isinya, terus terang sampai saat ini saya belum tega untuk membuka segelnya. Mungkin kelak.

3. Little Women Giant Coloring Book (Treasury of Illustrated Classics)

ISBN-13: 9780766615939
ISBN-10: 0766615936

Publisher: Modern Publishing (2004) 
Dimensions: 10.5 x 8.1 x 0.4 inches 
Shipping Weight: 4.8 ounces

Yang ada dalam koleksi saya merupakan buku seken dari Batter World Books. Semula yang ada dalam bayangan saya buku ini tentunya sudah penuh dengan coretan warna, namanya juga buku mewarnai dan buku seken. Tapi ternyata buku ini bebas sama sekali dari coretan, tidak ada bagian yang diwarnai sama sekali.

Kertas yang dipergunakan menyerupai kertas muram, entah bagaimana hasilnya jika terkena spidol atau cat air. Saya belum cukup tega untuk mencoba mewarnainya

Serupa dengan yang lain, tentunya in merupakan versi ringkas. Bagian atas berisi gambar untuk diwarnai, lalu sedikit di bagian bawah untuk kisah. Kisahnya dimulai dengan memperkenalkan sosok para gadis March hingga Jo menikah dengan Mr. Bhaer . Adegan penting seperti kisah Jo dimuat koran setempat, Jo menjual rambutnya untuk biaya bepergian sang ibu, Meg menikah bisa ditemukan dalam buku ini.

Ternyata ada cara asyik memperkenalkan kisah klasik pada anak-anak. Bisa dijadikan pertimbangkan saat membelikan hadiah buku bagi anak, keponakan, adik siapapun. 

Oh ya beberapa buku di atas malah ada yang diperuntukan bagi anak usia hingga 9 tahun. Ternyata mewarnai memberikan banyak faedah.

Sumber gambar:
http://kbbi.web.id/warna
http://www.louisamayalcott.org/


































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar