Sabtu, 16 Mei 2015

Terbesar dan Terkecil


Dalam menyimpan koleksi saya,  salah satu kendala adalah ukuran buku yang beragam. Sehingga ketika sudah berada dalam box, penempatan nomor urut box tidak bisa dilakuan secara sistematis dikarena ukuran box yang beragam mengikuti ukuran buku. Box nomor 10 misalnya,  bisa saja  ditumpuk bersama dengan box nomor 23 dan 26 yang beurukuran sama. jadi tidak bisa menumpuk urutan nomer 10,11, 12 dan seterusnya.

Ukuran  buku sebenarnya beragam, ada novel (13x19cm), ukuran Smaller Novel (11x17cm),  ukuran Photobook (20x20cm). Ada juga ukuran  14×20 cm, 14×21,  atau 16×24 cm. Dalam koleksi saya ada dua buku yang bisa disebut sebagai Terbesar dan Terkecil, dilihat dari ukuran tentunya.

Adapted: Lesley Young
Illustrated: Harold Copping
ISBN-13: 9780840749284          
ISBN-10: 0840749287 
Publication date: 1 January 1993 
Publisher:  Nelson Agency
Dimensions: 142mm x 213mm x 28mm 
Weight: 1.05 pounds

Chronicles the joys and sorrows of the four March sisters as they grow into young ladies in nineteenth-century New England

Buku Hardcover ini tidak memberikan nomor halaman. Tapi kurang lebih isinya ada 47 lembar, atau 94 halaman. Huruf yang digunakan tentunya menyesuaikan dengan ukuran buku ini. Namun demikian cukup ramah di mata.

Meski ukuran buku ini kecil, namun ilustrasi yang ada menghabiskan satu halaman berwarna. Ilustrasi favorit saya dalam buku ini adalah saat Jo berada di tukang cukur untuk menjual rambutnya. 

Kisahnya memang mengalami pengeditan, namanya juga adaptasi. Walau begitu tidak mengurangi makna dari kisah yang indah ini. Jika diperhatikan, tidak seluruh halaman berisi tulisan, padahal jika minimal 90% saja diisi tulisan mungkin kisahnya bisa lebih panjang dari pada yang sekarang.

Ketika menerima paket berisi buku ini dan lainnya dari Batter World Books saya tidak mengira isinya sekecil ini. Sebelum membeli saya memang mencari informasi mengenai buku ini di berbagai situs penjualan. Entah memang saya yang kurang memperhatikan data selain urusan tahun terbit atau memang saya yang tidak bisa membayangkan seberapa besar buku dengan ukuran tersebut.

Title: Mujercitas / Little Women
Author: Blanch, Ignasi (ILT)/ Burgas, Angel (ADP)
ISBN-10: 8448831780
ISBN13: 9788448831783
Number of Pages: 32
Published March 30th 2011
Published by Beascoa Ediciones
Dimensions: 242mm x 344mm x 10mm
 Adaptación llevada a cabo por Angel Burgas y Ignasi Blanch del clásico de la literatura universal "Mujercitas" escrito por la estadounidense Louisa May Alcott. Las cuatro hermanas March se hacen mayores mientras su padre está en la guerra. Su madre, su tía ricachona y sus vecinos, los Laurence, son testigos de la vida de las cuatro chicas que poco a poco dejan de ser niñas para convertirse en mujeres. Las hermanas March pasan el trance de la infancia a la edad adulta viviendo, sintiendo y sufriendo los mismos contratiempos que todavía hoy, más de cien años después, las chicas de todo el planeta reconocen en este libro que ya es un clásico. Su autora, Louisa May Alcott se basó en sus propias experiencias familiares para escribir un relato maravilloso que es un canto a la amistad, la solidaridad, el amor y la pasión por el arte y las cosas sencillas

Saat berkeinginan membeli buku versi bahasa lain, saya mulai mengintip Book Depository dan menemukan buku ini. Harganya lumayan juga menurut saya. Pertimbangannya saat itu justru pada tahun terbit serta ilustrasi yang disebutkan full color.  

Ketika menerima buku in. saya langsung terpesona pada ukurannya serta ilustrasi yang tidak lazim. Karena ukurannya lumayan besar, pihak pengirim sampai harus melakukan pengemasan dengan memasukan buku ini ke dalam semacam box coklat tipis.
Publisher: Nelson Regency

Sementara ilustrasi yang ada selain memang indah dibuat ala lukisan, tapi sosok yang ada digambarkan berbeda sekali dengan sosok para gadis March yang selama ini pernah saya lihat. Mereka seakan dibuat dengan menyesuaikan masyarakat sekitar. Sebagai contoh, para gadis March digambarkan memiliki rambut hitam  panjang.

Menyimpan Terkecil cukup mudah, bungkus plastik lalu masukan dalam box. Sementara untuk Terbesar karena tidak ada ukuran box yang sebesar itu maka saya memasukan dalam plastik bekas laundry berikut bubuk pengering dan meletakkan buku ini di atas tumpukan box yang berisi LW.

Pelajaran buat saya agar lain kali lebih memperhatikan data buku sebelum membeli.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar