Selasa, 18 Agustus 2015

LW berusia 93, 104, 105 dan 117 Tahun



Menemukan buku untuk dikoleksi dengan tahun terbit yang lumayan tua, merupakan sensasi tersendiri. Para penggila buku tentunya sangat paham akan hal itu. 

Demikian juga saya!
Begitu menemukan buku  antik dengan harga terjangkau, serasa mendapat durian runtuh. Soal kondisi, pastinya tidak bisa disebut prima. Masalah utama pastilah warna kertas yang sudah menguning serta penjilidan yang sudah copot di beberapa bagian. Selama masih bisa diperbaiki tentunya tidak masalah toh, dibandingkan dengan nilai buku.

Sebelumnya memang saya sudah pernah memiliki versi tahun 1959, tapi menurut saya belum cukup antik. Antik versi saya jika terbit sebelum tahun 1950. Tidak ada dasarnya memang, tapi begitulah versi saya.

Pertama kali menemukan versi LW yang antik di BWB, harganya sekitar $10 masih kurs Rp 13.000. Memang tidak ada tulisan tahun  terbit. Hanya ada tulisan copyright, 1896, 1910, 1911. Lalu ada  tanggal Dec.25,1925. Sepertinya ini merupakan hadiah Natal bagi seseorang yang bernama Sarah Brown Hanmer (semoga saya tidak salah membaca huruf sambung).

Buku terbitan A.L Burt Company ini memiliki kover hitam pekat dengan tulisan judul dan nama pengarang berwarna kuning emas. Seiring waktu tentunya warna tersebut kian memudar. Ini merupakan buku dengan hardcover. Buku ini tersimpan dalam box nomer 52.

Ketika iseng menyambangi sebuah situs penjualan, saya menemukan beberapa buku antik yang dijual dengan harga yang sangat terjangkau dan bersahabat dengan anggaran saya. Ada kekhawatiran jangan-jangan buku yang dikirim tidak sesuai, karena untuk buku yang sudah termasuk dalam golongan rare book harga jualnya lumayan mahal. Entah karena ini sedang diobral atau bagaimana. Yang jelas saya langsung bertindak cepat, minta bantuan sis Evyta untuk melakukan transaksi (Thx berat bersedia direpotin sis).



Versi tahun 1922 ini membuat saya terkagum-kagum akan ukuran serta beratnya, 22 X 16,5 X 5 cm (L X W X H). Bayangkan bagaimana cara membaca buku ini  93 tahun yang lalu. Tentunya harus diletakan di meja  atau dipangkuan dan duduk manis jika tidak ingin mengalami kerepotan membacanya.

Data yang tertera menyebutkan buku ini terdiri dari 307   halaman, World of Rare Books Item ref. 1380556058CEB, penerbitnya Hodder & Stoughton.




Selanjutnya tertera, No dust jacket. Pictorial yellow cloth cover. Illustrated by M E Gray. Frontispiece and title page have been removed. Clean pages with no markings or annotations.Tanned end papers and spotting to the page edges.Colour illustrations. Moderate wear and scuffing to the boards, mainly on the spine, edges and corners.Both hinges are cracked thus the boards are slack, but the rest of the binding remains firm. Sunning to the spine and board edges and some bleach markings to the boards with use spoiling.

Halaman awal dibuat dengan ilustrasi penuh warna. Namun di bagian dalam, ilustrasi dibuat di kertas lain lalu ditempelkan. Dengan demikian mengingat usia buku, beberapa lem sudah mulai tidak berfungsi lagi. Untungnya tidak ada gambar yang copot.


Warna biru pada kover jelas menjadi alasan utama saya memilih buku ini. Penerbitnya Collins, World of Rare Books Item ref. 1418807544MAJ. Ukurannya memang tidak seperti versi kover kuning, tapi lumayan besar.

Tahun terbitnya tertera 1111, sepertinya kode jika penjual tidak bisa menemukan data yang tepat. Tapi di dalam ada tulisan angka 1910, bisa dijadikan sebagai perkiraan untuk sementara waktu. Dengan perkiraan usia sekitar 105 tahun, kondisi fisik buku ini lumayan terjaga.

Buku yang dipersembahkan untuk Doris Hilton ini, tidak banyak menyajikan ilustrasi di dalamnya. Namun tiap ilustrasi yang ada diberikan keterangan mengenai informasi di halaman berapa ilustrasi tersebut  terkait.

Tertera kalimat lebih lanjut, 248 pages. No dust jacket. Blue pictorial cloth with gilt lettering. Presumed to be pr-1910 due to inscription at front endpaper. Hinge cracked with moderate foxing, tanning and handling marks over pages. colour plates. Tanning along spine. Moderate bumping, rubbing and scuffing to spine ends and to corners with moderate rubbing and wear along edges and over surfaces.

Selanjutnya koleksi tertua saya adalah terbitan tahun 1898. Buktinya tercetak di bagian halaman awal buku. Berarti sekitar 117 tahun! Kondisinya masih lumayan. Masalah utama adalah cetakan kover yang mulai luntur warnanya. 

Terbitan W. P. Nimmo, Hay, & Mitchell, Edinburgh ini terdiri dari 192 halaman. Namun demikian, kertas yang tebal membuat buku ini menjadi lebih tebal dibandingkan buku sekarang dengan halaman yang sama. World of Rare Books Item ref. 1411038475RF

Keterangan mengenai buku ini selanjutnya, No dust jacket. Grey pictorial hardcover, with gilt titling on front and spine. Lightly tanned pages with gilt fore-edge. Light mildew marks along edges of opening-closing pages. Hinges are heavily cracked, text-block is very loosely attached to boards at front hinge, yet pages remain tight. Boards are poor, light bumping on corners and spine ends, fair rub mark son front, fair darkening to spine, with heavy rubbing on rear. Price recently reduced!!!

Buku ini merupakan hadiah bagi seorang gadis bernama Ruth dari kedua orang tuanya. Wah, saya harus berterima kasih kepada Grandma Ruth yang menjaga buku ini saat pertama kali memilikinya. Kondisinya masih cukup baik saat saya memilikinya.

Begitu membuka semua paket buku ini, tangan saya langsung terasa gatal, sepertinya buku ini sudah cukup lama menjadi rumah aneka kuman. Maka tindakan pertama saya adalah menjemurnya. Sebenarnya tidak menjemur langsung di terik matahari, namun meletakan di jendela di mana sinar matahari mengenai sekitarnya. Saya lakukan selama setengah hari dengan dibolak-balik. Selanjutnya mulai melakukan pengeleman ulang pada bagian yang masih bisa dilem. Lumayan juga hasil kerja penerbit dahulu, saya tak perlu menambah lem di banyak tempat. Berikutnya mulai lap dengan mempergunakan lap kering. Pernah saya coba dengan mempergunakan tisui basah, justru membuat cetakan menjadi luntur. Biasanya jika terlalu berdebu, saya coba lap dengan tisui basah di salah satu pojok, jika aman baru saya lakukan di bagian lain.

Sebenarnya masih ada beberapa yang ingin saya beli. Terbit sekitar tahun 1930-an dengan harga yang tidak melewati anggaran saya. Sayangnya.... harga dollar yang bagaikan nyanyian disaat piknik membuat saya mengurungkan niat untuk membeli

Berharap, saya bisa memilikinya segera.
--------
Dibandingkan buku-buku ini usia saya jelas belum seberapa. Tapi memiliki buku ini menjadi bahan perenungan buat saya. Apa yang sudah saya lakukan sampai seusia sekarang? Apa yang bisa saya hasilkan hingga karya bisa dikenal selama ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar