Selasa, 12 Januari 2016

Kotak Koleksi Nomor 32-40


Kotak penyimpanan nomor 32-40 agak berbeda dengan yang lainnya, dalam hal ukuran dan isi. Kotak  nomor 34 dan 35 hanya berisi satu eksemplar buku saja. Hal ini karena memang tinggi kotak tersebut hanya pas untuk satu buah buku atau dua buku yang sangat tipis. Untuk itu, biasanya buku yang disimpan dalam kotak seperti ini adaah buku tertentu.

Isi kotak nomor 35, adalah Little Women dalam bahasa Polish.  Setelah berhasil mendapatkan versi bahasa Thailand, Jepang dan China, akhirnya bisa mendapatkan versi bahasa Polish. Seperti mendapat durian runtuh. Mungkin benar kata orang, setelah yang pertama sukses, sisanya akan menyusul. Lengkapnya ada di 
sini

Biasanya saya tidak menyukai warna merah, tapi untuk urusan Little Women, warna apapun akan saya terima. Data informasi mengenai buku ini bisa di dapat melalui internet. Namun meski sudah mempergunakan bantuan mbah Google, saya masih belum bisa menemukan mana kata yang mengacu pada penerbit. Maka kolom mengenai penerbit terpaksa saya kosongkan.

Untuk kotak nomor 36 dengan tulisan KUIS, sebenarya untuk memberikan informasi mengenai apa isi kotak tersebut. Isinya memang aneka panduan, pertanyaan dan jawaban untuk kuis yang mengacu pada Little Women. Di luar negeri, buku ini dijadikan salah satu acuan untuk belajar sastra sehingga ada buku pendamping untuk novel. Saya mendapatkannya melalui internet. Beberapa sengaja saya print, namun ada juga yang masih dalam bentuk digital. 

Kadang, ada buku yang memiliki ukuran tidak seperti biasanya, lebih panjang atau lebih lebar. Guna memudahkan penyimpanan, maka saya letakkan dalam kotak yang lebih besar. Biasanya penjual menyebutkan untuk ukuran Donat. Sengaja dipilih yang agak tinggi dengan maksud agar bisa memuat banyak.

Jika dicermati,  isi kotak nomor 37 beragam. Ada yang buku mewarnai dengan cerita, ada panduan untuk guru dalam membimbing mempelajari LW, versi paper dolls, bahkan dengan tema khsus menyambut Natal. saya paling suka yang eyewitness Classics. Buku itu bisa disebut semacam ensiklopedia mini mengenai segala hal terkait dengan kisah LW. Misalnya peristiwa perang dunia saat itu, penyakit yang diderita dan lainnya.

Jika kotak nomor 37 menyimpan buku dengan ukuran yang cenderung lebih besar, maka kotak nomor 38 justru menyimpan buku yang ukurannya cenderung lebih kecil, meski tidak sekecil kotak nomor 3.

Pada kotak nomor 38 terdapat 3 buah buku cetak dan satu buah versi ebook yang agak berbeda. Berbeda karena merupakan versi broadway Musical. Selain itu terdapat juga buku LW khusus untuk dikoleksi dengan nomor ISBN  9781907360213. Selain bentuknya yang mungil dengan nuansa hijau menawan, buku ini juga dibuat dalam versi hardcover. Pinggiran kertas yang diberi warna emas, makin membuat buku ini terlihat menarik. Apa lagi jika dilihat dari sisi samping atau dalam posisi diletakkan di meja.

Oh ya kotak nomor 39 mirip dengan isi kotak nomor 12. Sejauh ini perbedaannya ada pada isi buku. Versi kotak nomor 12 adalah buku 3 in 1, tiga kisah dalam satu buku. Sementara dalam kotak nomor 39 hanyalah kisah Little Women semata. Beberapa data mungkin kurang pas, sejauh ini saya masih berusaha mencari mana data yang paling akurat. Terutama sekali mengenai ISBN.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar